RS Haji Medan sediakan layanan MRI 1,5 Tesla, bisa untuk pasien BPJS
Medan Insight

RS Haji Medan Sediakan Layanan MRI 1,5 Tesla, Bisa untuk Pasien BPJS

  • "MRI memberi gambaran lebih detail dari struktur internal tubuh seperti jantung, otak, tulang belakang, sendi dan organ lainnya..."  
Medan Insight
Fatimah Siregar

Fatimah Siregar

Author

MEDAN - Rumah Sakit Haji Medan menawarkan fasilitas pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) dengan teknologi terbaru yaitu MRI 1,5 Tesla.

Kepala Bidang Pelayanan dan Keperawatan RS Haji, Anda Siregar mengatakan, fasilitas ini bagian dari komitmen rumah sakit memberi layanan diagnostik terbaik ke masyarakat.

MRI 1,5 Tesla merupakan alat pencitraan diagnostik canggih menggunakan medan magnet kuat dan gelombang radiofrekuensi yang menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi dari bagian tubuh manusia.

“MRI memberi gambaran lebih detail dari struktur internal tubuh seperti jantung, otak, tulang belakang, sendi dan organ lainnya. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan atau tanpa kontras, serta memberi potongan gambar yang sangat tipis dari setiap bagian tubuh dalam waktu singkat,” kata Anda, Kamis (17/10/2024).

Keunggulan utama adalah tidak menggunakan Sinar X sehingga aman dari radiasi. Menjadikan alat bermanfaat mendeteksi berbagai masalah kesehatan seperti nyeri kepala berulang, vertigo, kelemahan anggota gerak, stroke dan kelainan sistem saraf pusat. Pemeriksaan dilakukan sesuai indikasi medis, berdasarkan kondisi kesehatan pasien.

Bagi pasien BPJS Kesehatan, RS Haji memberi kesempatan untuk melakukan pemeriksaan MRI, asalkan sesuai indikasi medis. 

“Pasien BPJS bisa melakukan MRI di sini selama ada indikasi medis yang mendukung,” ujar Anda.